Jumat, 16 Oktober 2009

Tips memilih gitar fender strat.

     Gitar fender type stratocaster (strat) adalah pilihan favorit bagi sebagian besar musisi, praktisi musik atau para hobbiest musik yang memilih gitar sbg instrumen mereka. gitar ini pertama sekali di produksi sekitar tahun 1954 oleh pabrikan gitar di California, USA. Begitu populer nya gitar ini sebagian besar karena desain gitar yang sangat sempurna dan fleksibel. Banyak orang awam bahkan para musisi yang tidak memahami seluk beluk soal fender stratocaster. Banyak pula yang hanya mengenal bentuk dari type gitar tersebut tanpa bisa membedakan ke aslian dan keabsahan dari gitar tersebut, karena di pasaran banyak beredar gitar yang meniru desain dan bentuk stratocaster yang diproduksi oleh pabrikan gitar dengan merk yang berbeda. ada pula yang terang terangan mencantumkan merk Fender di headstock nya.
     Berikut ini tips dan trik untuk membedakan Produk gitar fender yang asli.
1.  Check nomer seri.
     Nomer seri gitar biasanya tercantum dibagian depan headstock atau di bagian belakang headstock nya. ditandai dgn kode tahun pembuatan dan nomer kode yang lain. kode tahun pembuatan pada pabrikan gitar fender biasanya di tandai dgn N,S,E atau Z. Gitar fender yang diproduksi pada tahun 50an dan 60an belum terdapat kode ini. N (ninety) untuk Fender yang diproduksi pada dekade 90an. S (seventy) untuk dekade 70an. E (eighty) untuk produksi dekade 80an dan Z (zero) untuk produksi tahun 2000. untuk lebih jelasnya anda dapat mengunjungi www.fender.com mengenai nomer seri tersebut. nomer seri pada gitar fender strat yang asli dapat dibedakan dari cetakan huruf yang kecil dan jelas. sedangkan fender palsu biasanya cetakan nomer seri tersebut lebih besar dan warnanya lebih hitam.
2.   Check Back Plate
     Back plate atau plat besi yang terdapat di pangkal neck bagian belakang biasanya merupakan sambungan dari neck dan body yang disatukan oleh 4 buah baut. pada back plate tersebut biasanya tercetak logo inisial Fender. yang membedakan yang asli dan yang palsu adalah hasil cetakan tersebut. yang asli biasanya logo inisial pada plat terlihat bersih dan rapi. sedangkan yang palsu agak kotor dan kasar. selain itu pada produk fender palsu, jarak baut ke tepi plat besi tersebut tidak sama pada keempat baut tersebut jika diukur dgn milimeter. sedangkan pada produk aslinya keempat baut tersebut memiliki jarak yang sama dari lubang baut ke tepi plat besi. jika keempat baut kita buka, maka neck akan terpisah dengan body gitar dan pada persambungan neck dan body kita bisa temukan nomer seri pembuatan neck yang tercetak pada kayu neck.
3.   Open Pickguard
     Pickguard adalah penutup bagian depan gitar yang terbuat dari bahan sejenis acrilic. jika pickguard kita buka akan terlihat wiring perkabelan dari tiga pickup single coil, tiga potensio dan switch kombinasi pickup. biasanya produk gitar fender yang asli mencantumkan sticker yang berisikan nomer seri yang sama seperti pada headstock. perhatikan ukuran potensio yang dinyatakan dengan kilo ohm. produk fender hanya memproduksi potensio dgn ukuran 250 Kilo ohm dan ditandai dgn cekungan di tengah body potensio. hal ini berbeda dgn fender palsu yang menggunakan potensio berukuran 500 kilo ohm dan bermerk alpha yang banyak diperjual belikan di toko electronik part.
     Selain cat yang digunakan untuk finishing, jenis kayu dan karakter suara, ketiga hal tersebut diatas dapat membantu anda dalam membedakan produk asli dan palsu dari gitar fender stratocaster yang anda miliki atau yang akan anda beli.
     
     
     

     

1 komentar:

  1. Slots - The Wizard of Vegas | JTG Hub
    › slots-and-slots › games › 통영 출장안마 slots-and-slots › games Find out more about Slot Machines and discover a 충청남도 출장안마 fun 파주 출장안마 and free casino 아산 출장안마 experience in 당진 출장마사지 one place.

    BalasHapus